PSU di Tiga Daerah, Ini Atensi Kapolda Papua

BERITA UTAMA353 Dilihat

JAYAPURA-NUSANTARAPOST.ID-Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri meminta pasangan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Yalimo, Nabire dan Kabupaten Boven Digoel untuk menghormari keputusan MK terkait pelasksaan PSU.

Seperti diketahui MK telah memutuskan untuk dilaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) di tiga Kabupaten tersebut.

“Untuk pasangan calon agar menghormati putusan MK soal PSU,” kata Kapolda, ketika di temui di ruang kerjanya, Selasa sore, 23 Maret 2021.

Ia juga meminta, khususnya di tiga Kabupaten yang nentinya melakukan PSU bisa mempersiapkan diri sesuai mekanisme demokrasi yang ada.

“Tidak lagi masing-masing pasangan calon itu menghasut untuk melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan perkara melanggar hukum,” tegasnya.

Sehingga, dirinya berharap waktu pelaksanaan PSU di tiga Kabupaten itu dapat dipersiapkan dengan baik agar supaya prosesnya berjalan lancar tanpa ada gangguan kamtibmas.

Terkait itu, Kapolda Mathius menegaskan polisi telah mengambil langkah lebih awal untuk memperkuat pengamanan di tiga daerah pelaksanaas PSU.

“Dengan begitu kita harap, sampai pelaksanaan PSU nanti bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Dijelaskannya, PSU dilakukan karena perhitungan suara, seperti di Kabupaten Yalimo yang mana menggunakan sistem ikat Noken yang seharusnya proses pemilihan melalui pencoblosan.

“Saya minta kita tinggalkan itu, kita fokus pada pemilihan ulang ini. Harapan saya pelaksanaan PSU bisa berjalan aman, tertib dan berjalan lancar 

Tidak usah lagi pasangan calon melakukan trik yang kotor, tidak perlu. Saya tegaskan demokrasi di tanah Papua khususnya di tiga daerah ini bisa dijaga sehingga kita bisa menghasilkan pemimpin yang mempunyai nurani yang baik,”

Dia kembali mengingatkan, kepada seluruh kepala daerah yang terpilih dalam pilkada 2020 agar kembali mengurus daerahnya untuk melayani masyarakat.

“Saya berpesan ketika sudah dilantik kembalilah untuk mengurus kampung, tidak keluar atau meninggalkan kampung jadi dia harus setiap hari ada untuk melayani masyarakat dalam roda pemerintahan sehingga memudahkan rakyat ketika memerlukan pimpinan itu ada di tempat,’’ tutup Kapolda. (redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *