Rezza Octavia Atlet Panahan Perpani Papua Tembus Olimpiade Paris di Perancis

JAYAPURA-NUSANTARAPOST.ID-Rezza Octavia, Atlet Panahan  berhasil mengukir sejarah untuk pertama kalinya Pengprov Perpani Papua mampu lolos untuk mengikuti Olimpiade di Paris, Perancis pada tahun 2024. 

“Ya, ini sejarah. Pertama kalinya atlet Panahan Perpani Papua, Rezza Octavia satu-satunya atlet yang lolos pada Olimpiade Paris Perancis,” kata Ketua Pengprov Perpani Papua, Dr Juliana J Waromi, SE, MSi kepada wartawan, Selasa, 16 Juli 2024. 

Menurut Juliana Waromi, Rezza Octavia merupakan atlet Panahan Perpani Papua yang direkrut sejak tahun 2018 untuk persiapan menghadapi PON XX di Papua. 

Ketika Rezza Octavia berhasil meraih mendapatkan medali Perak, kemudian dilirik untuk mengikuti Pelatnas di Jakarta melalui Pengprov Perpani Papua sejak tahun 2020.

Dalam pelatnas itu, Rezza Octavia mengikuti ajang Sea Games dan berhasil meraih 2 medali emas. Setelah itu, Rezza mengiktuti Archery World Cup Stage 1 di Korea Selatan berhasil memperoleh akumulasi poin 48. 

Selanjutnya, Rezza Octavia mengikuti Archery World Cup Stage 2 di Shanghai, China. 

Lebih lanjut, Pengprov Perpani Papua terus memberikan bimbingan dan pembinaan, apalagi Rezza Octavia mengikuti Pelatnas. 

“Setiap kali mau berangkat, saya terus mendampinginya untuk memberikan kekuatan, motivasi dan semangat kepada Rezza. Saya sampaikan kamu harus tetap semangat, karena masa depan ada di dirimu sendiri, saya hanya sebagai ibu dan orang tua hanya bisa memberikan motivasi dan jika ada kekurangan agar disampaikan untuk mencari solusi agar bisa diselesaikan,” ujar Juliana Waromi. 

Selanjutnya, Rezza Octavia mengikuti kejuaraan Archery World Cup Stage 3 di Antalya, Turki. Ia bersaing dengan tim beregu putri dari Jepang. Namun, perolehan poin Rezza Octavia tidak bisa dikejar lagi oleh Jepang.

“Dari akumulasi poin yang diperoleh Rezza Octavia itu, akhirnya dia bisa lolos pada Olimpiade Paris di Perancis pada tahun 2024. Dia juga sudah berangkat ke Paris, Perancis pada 14 Juli 2024,” ujarnya.

Yang jelas, Juliana Waromi mengaku sangat bangga dengan prestasi Rezza Octavia yang bisa mewakili Papua pada Olimpiade Paris di Perancis ini. 

“Saya bangga karena Rezza mewakili Indonesia secara khusus Papua pada ajang internasional itu. Tentu ini menjadi nilai plus bagi kami Pengprov Perpani Papua,” ujarnya. 

Ia berharap pada PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024 ini, Rezza Octavia bisa menyumbangkan medali emas bagi kontingen Papua. (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *